Pengertian Kitab kuning salah satu kitab klasik yang memiliki peran penting dalam transformasi ilmu agama. Dikatakan sebagai kitab kuning karena kitab ini dicetak di kertas yang berwarna kekuning-kuningan. Ciri khas dari kitab kuning selain dicetak di kertas berwarna kuning, isi tulisan tidak ada harokat, alias gundul.

Karena tulisan gundul inilah, hanya orang yang tahu ilmu dan cara membacanya. Buat yang masih pemula, dijamin hanya bengong tidak bisa membaca. Namun diera semakin maju, pasalnya kitab kuning yang dicetak ulang dengan gaya baru sudah dicetak menggunakan kertas tidak kuning, atau dicetak di kertas HVS dan sudah diberi harakat.

Dalam dunia pesantren khususnya pesantren salaf, kitab kuning menjadi rujukan utama. Yang menarik, kitab kuning yang diajarkan telah memiliki umur yang cukup lama, hingga ratusan tahun tetap terjaga keasliannya. 

Berikut akan kami share tujuh kitab dasar yang dipelajari di pesantren salaf dari berbagai macam cabang ilmu agama.

1. Kitab Taqrib Karya Al-Qodhi Abu Syuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Ashfahaniy

Download disini

2. Kitab Jurumiyyah atau Ajrumiyyah Karya Syekh Sonhaji

Download disini

3. Kitab Sulamut Taufiq Karya Abdullah bin Husain bin Tohir Ba Alawi Al-Hadhromi Al-Syafi'i


4. Kitab Ta'lim Muta'allim Karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji


5. Kitab Arbain Nawawi Karya Abu Zakariya Yahya bin Syaraf bin Murri Al Nizami An-Nawawi


6. Kitab Aqidatul Awam Karya  Syaikh Ahmad Marzuqi Al-Maliki


7. Kitab Amsilatut Tasrifiyah


Demikian kitab dasar yang dipelajari di pesantren salaf dari berbagai macam cabang ilmu agama. Dan anda dapat mendownloadnya secara gratis dalam bentuk pdf. Namun perlu diperhatikan file pdf ini hanya untuk dikonsumsi secara pribadi bukan untuk keperluan komersil dalam bentuk apapun.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama